Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna. Aplikasi Google Analytics dapat di akses melalui alamat http://google.com/analytics/. Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/blog. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. Untuk mendaftar pada Google Analytics, seseorang hanya perlu memiliki akun Google.
Google Analytics merupakan solusi analisis web tingkat perusahaan yang memberikan wawasan kaya tentang kunjungan situs web dan efektivitas pemasaran. Kini, fitur yang canggih, luwes, serta mudah digunakan membuat Anda dapat melihat dan menganalisis data kunjungan dengan cara baru. Dengan Google Analytics, Anda dapat membuat iklan yang lebih bertarget, memperkuat program pemasaran, dan membuat situs web dengan konversi yang lebih tinggi.
Punya blog tentu tidak sekedar menulisinya. Blogger juga harus tahu bagaimana melihat efektivitas tulisannya dalam memberikan manfaat bagi para pembacanya. Kecuali tujuan anda ngeblog hanya untuk menambah media untuk curhat nggak jelas, selain Facebook dan Twitter, Anda sebaiknya melengkapi blog dengan tools yang akan memberi tahu banyak hal tentang kebiasaan pengunjung blog anda. Dengan mengetahui banyak hal dari karakteristik pengunjung, diharapkan anda bisa lebih meningkatkan mutu konten demi meningkatkan trafik kunjungan ke blog anda.
Fungsi Umum Google Analytics Tools yang umum digunakan oleh blogger sedunia untuk mendapatkan informasi lengkap seputar pengunjung blog adalah Google Analytics. Secara umum fungsi Google Analytics adalah:
Mengetahui jumlah pengunjung berdasarkan rentang waktu tertentu, perhari, perminggu, perbulan atau jumlah total. Jumlah pengunjung juga bisa dikategorikan pada pengunjung baru (new visitor) dan pengunjung berulang (returning visitor)
Halaman atau artikel yang paling sering dikunjungi berikut jumlah total kunjungan pada masing-masing halaman
Mengetahui berapa lama rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung di blog
Mengetahui sumber kedatangan pengunjung. Pilihannya adalah Mesin pencari (search engine), Pengunjung langsung (direct traffic), dari website lain (referring website) dan lainnya (other)
Mengetahui asal negara pengunjung
Fungsi Khusus Google AnalyticsAku telah menjelaskan beberapa fungsi umum dari Google Analytics diatas. Selanjutnya Google Analytics juga memberikan laporan yang lebih detail tentang pengunjung. Berikut ini hal-hal detil yang aku ketahui bisa didapat dari Google Analytics :
Pengunjung (Visitors)Pada bagian ini, anda dapat melihat laporan mengenai :
- Total Kunjungan
- Total kunjungan baru (pengunjung yang baru pertama kali datang ke blog anda)
- Rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pengunjung di blog
- Kesetiaan pengunjung. Ini dilihat dari data jumlah kunjungan seseorang ke blog anda. Jika berulang maka pengunjung ini dikategorikan sebagai pengunjung setia
- Persentasi pengunjung baru dengan total kunjungan
- Asal negara pengunjung dan bahasa yang digunakan pengunjung
- Jenis browser dan sistem operasi yang digunakan pengunjung
- Resolusi monitor pengunjung
- Jenis gadget yang digunakan pengunjung (Komputer, Handphone) dan sistem operasi handphone yang digunakan pengunjung
- Kecepatan koneksi pengunjung
- ISP pengunjung berikut nama ISP tersebut
1. Asal kunjungan.
Seperti yang aku sebutkan sebelumnya, asal kunjungan dikategorikan berdasarkan kunjungan dari search engine, website refferal dan kunjungan langsung. Kita bisa mengambil kesimpulan hal-hal manakah yang mendatangkan pengunjung terbanyak ke blog kita. Apakah dari optimasi SEO (Search Engine), kegiatan blogwalking dan tebar backlink (Referring Sites) atau dari kunjungan langsung (promosi dari selain blogwalking dan tebar backlink)
2. Persentase asal kunjungan.
Bloghery.info contohnya, mendapatkan lebih dari 78% pengunjungnya dari google.com dan google.co.id, 13% kunjungan langsung, facebook.com 1.34% selain dari kaskus.us dan twitter dengan porsi yang lebih kecil. Data ini diambil dari rentang waktu 9 Sept 2010 hingga saat artikel ini ditulis
3. Keyword yang menjadi sumber trafik.
Dari sini bisa dinilai bagaiman efektivitas susunan keyword yang menjadi magnet bagi pengunjung blog. Aku mendapati blog ini menikmati kucuran trafik yang cukup deras dari keyword perihal mengganti logo blogger pada address bar (favicon)
Konten (Content) Pada bagian konten, aku bisa melihat laporan yang rinci mengenai :
Artikel/Posting mana yang paling banyak dikunjungi
Artikel paling akhir yang dibaca oleh pengunjung sebelum meninggalkan blog. Dari poin 1 dan 2 ini bisa diambil kesimpulan apakah pengunjung cukup tertarik dengan artikel-artikel lain di blog kita. Jika poin 1 dan 2 mengacu pada judul artikel yang sama, secara kasar bisa disimpulkan bahwa konten di blog kurang menarik perhatian pengunjungDemikianlah, dengan memahami hasil laporan dari Google Analytics kiranya kita bisa mengevaluasi perbandingan antara tujuan pembuatan blog dengan hasil yang ditunjukkan. Jangan sampai tujuan pembuatan blog tidak sama dengan hasil yang kelihatan.
No comments:
Post a Comment