Wednesday, September 28, 2016

Apa itu Backlink? dan Apa Fungsionalnya Untuk Blog?

 Apa itu Backlink? dan Apa Fungsionalnya Untuk Blog?

Backlink adalah link (tautan) yang mengarah pada situs web atau blog kita dari situs lain. Backlink, secara harfiyah artinya 'tautan balik', merupakan link yang dapat meningkatkan posisi di halaman hasil pencarian Google (SERP).
Sebutan lain backlink adalah inbound link dan  Incoming link.
Proses membangunnya disebut backlinking atau link baiting.
Jumlah backlink yang dimiliki situs/blog adalah nilai popularitas situs tersebut. Fungsi backlink itu terutama adalah memberikan kekuatan untuk bersaing di posisi halaman indeks pencarian Google.
Namun demikian, tidak semua backlink diperhitungkan oleh Google. Karena Google hanya menilai backlink berkualitas.


Backlink Berkualitas

Backlink yang berkualitas itu adalah tautan alami dan dari situs/blog berkualitas. Google mempertimbangkan isi situs untuk menentukan kualitas sebuah link.
Incoming link yang kita miliki berasal dari situs lain dengan content yang sejenis atau berhubungan dengan situs kita diartikan sebagai incoming link yang berkualitas. 
Bila backlink berasal dari situs yang tidak berhubungan sama sekali dengan situs kita, maka Google menganggap relevansinya kurang. Semakin besar relevansi incoming link, semakin besar pula kualitasnya di mata search engine Google. 
Sebagai contoh, jika ada sebuah situs dengan tema Tutorial Blog menerima backlink dari situs dengan tema Tips dan Trik Blogging maka hubungan relevansi situs dianggap berkualitas dan lebih relevan.
Namun. bila situs tersebut menerima incoming link dari situs dengan tema Resep Masakan Indonesia atau Technology Handphone dapat dipastikan hubungan backlink situs tersebut tidak relevan. 
Semakin relevan situs yang memberikan backlink ke situs kita, semakin berkualitas backlink tersebut. Inilah menurut saya backlink yang berkualitas dengan tema yang relevan dan topik yang sejenis atau masih berhubungan dengan situs kita. Sehingga SEO suatu blog akan mendapatkan tempat di pencaharian Google yang utama.

Silakan anda pelajari step by step dengan teliti, pada dasarnya semua orang akan bisa untuk melakukannya jika semua peraturan dari Google di perhatikan.
Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment