Monday, October 10, 2016

Mempelajari Kebutuhan Pelanggan Dan Memahami Pasar

 Mempelajari Kebutuhan Pelanggan Dan Memahami Pasar


Langkah awal dalam kegiatan pemasaran adalah memahami pasar dan mengetahui kebutuhan dan keinginan para pelanggan. Pada aspek ini perlu dilakukan untuk menentukan penawaran produk apakah tepat dan memberikan nilai kepada pasar. Perlu dipahami beberapa konsep dasar dalam pemasaran, yaitu : kebutuhan, keinginan, permintaan, penawaran, nilai, kepuasan, perukaran dan hubungan, dan pasar.
Kebutuhan adalah keadaan akan rasa kekurangan, yang muncul oleh karena belum dipenuhinya sesuatu pada diri manusia. Kebutuhan ini mencangkup kebutuhan fisik seperti makan atau minum, kebutuhan akan rasa aman dari berbagai ancaman atau ketidak pastian, kebutuhan untuk bersosialisasi, kebutuhan lain-lainnya. Kebutuhan adalah sesuatu yang muncul pada setiap pelanggan secara otomatis oleh karena kebutuhan itu melekat dengan pribadi manusia.
Setiap manusia memiliki keinginan, keinginan tersebut adalah bentuk pemenuhan kebutuhan yang dipengaruhi oleh budaya dan karakteristik seseorang. Seperti saat kita lapar akan membutuhkan makanan. Untuk menutukan makanan yang ingin dimakan akan dipengaruhi oleh budaya dan kepribadian. Contoh, manusia yang membutuhkan makanan bias nasi campur atau bakso atau mi instan atau yang lainnya. Mengapa mereka memilih makanan tersebut? Dikarnakan penyesuaian dengan budaya dan kepribadian mereka.
Permintaan ialah suatu kegiatan pemasaran akan menjadi pentng, karna akan menentukan beberapa potensi penjualan yang bisa dicapai. Daya beli merupakan kemampuan konsumen untuk membayar dengan sejumlah pengorbanan, baik tenaga, waktu maupun dengan uang.
Permintaan konsumen akan dipenuhi dengan penawaran dari pemasar.Penawaran adalah kombinasi dari produk, jasa, informasi dan pengalaman yang ditawarkan ke pasar untuk memenuhi kebutuuhan dan keinginan.
Nilai pelanggan adalah perbandingan antara apa yang mereka daptkan dari produk dengan apa yang mereka korbankan untuk mendapatkannya. Konsumen akan mengukur apa saja dari produk atau jasa yang mereka beli, baik dari segi kualitas, segi kuantitas atau manfaat lainnya, selanjutnya mengukur untuk mendapatkannya berapa besar pengorbanan baik tenaga, waktu dan uang yang akan dikeluarkan.
Kepuasan adalah syarat yang sangat penting yang harus diusahakan pemasar agar konsumen menjadi loyal. Kepuasan dalah perbandingan antara apa yang diharapkan oleh konsumen dengan kenyataan yang mereka terima dari pembelian produk atau jasa.
Pertukaran adalah sebuah aktivitas untuk mendapatkan barang yang diinginkan dari orang lain dengan menawarkan sesuatu yang lain sebagai penggantinya. Pertukaran menjadi konsep inti dalam pemasaran, oleh karena itu pemasaran muncul karena orang ingin memenuhi kebutuhannya dengan cara pertukaran.
Pemasaran bukan saja teknik mengatur jalannya transaksi penawaran dan permintaan saja, namun juga menjalin hubungan jaka panjang dengan pelanggan. Pemasaran kerelasian adalah proses menciptakan, memelihara, dan mengembangkan kerelasian yang kuat dan bernilai dengan pelanggan dan pemangku kepentingan yang lain.
Pasar adalah tempat atau wadah dimana terdapat aktivitas para konsumen dan penjual bertemu dan melakukan kegiatan jual beli produk atau jasa. Pembeli actual adalah pembeli yang telah melakukan pembelian, pembeli potensial adalah orang yang berpotensi membeli produk, sekali pun belum pernah melakukan pembelian.
Memahami kebutuhan dan keinginan pasar berarti mengetahui apa yang sebenarnya akan dicari oleh konsumen. Usaha untuk ini bisa dilakukan dengan mengamati perilaku konsumen, mengamati perubahan lingkungan, atau memikirkan sesuatu yang baru sama sekali.

No comments:

Post a Comment